Cegah Wabah Penyakit DBD, Lapas Atambua Lakukan Fogging

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMORTODAY.id-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana D. Jone meminta jajaran khususnya Lembaga Pemasyarakatan dapat menjamin keselamatan dan kesehatan Warga Binaan di Lapas/Rutan.

Permintaan Kakanwil Kemenkumham NTT tersebut terkait iklim dan curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah NTT selama beberapa pekan terakhir yang berdampak pada meningkatnya jumlah kasus demam berdarah (DBD).

Sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit DBD, pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Atambua di bawah kepemimpinan Edwar Hadi bersama jajarannya melaksanakan fogging di lingkungan Lapas Atambua pada Selasa (01/03/22) sore.

Kegiatan pelaksanaan fogging di lingkungan Lapas Atambua itu meliputi area perkantoran, area blok hunian, bengkel, poliklinik, aula, perpustakaan di Mushola dan Kapela Lapas.

Kepala Lapas Atambua Edwar Hadi yang dikonfirmasi menjelaskan, kegiatan fogging yang dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk menjamin dan menjaga keselamatan dan kesehatan warga binaan di Lapas Atambua terhadap perubahan iklim terutama curah hujan tinggi selama beberapa pekan terakhir yang mengguyur seluruh wilayah NTT khususnya daratan Timor yang sangat rentan bersarangnya nyamuk demam berdarah.

“Kegiatan fogging ini kita lakukan sebagai upaya kita untuk mencegah meningkatnya jumlah kasus wabah DBD,” ujar Kalapas Hadi.

kalapas Hadi menjelaskan, terlaksananya kegiatan fogging merupakan sinergitas yang terjalin dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belu melalui UPTD Puskesmas Atambua Selatan.

Pantauan media ini, pelaksanaan fogging dilakukan oleh petugas kesehatan didampingi Kasubsi Perawatan, Marhaban Subang, Petugas Pengelola Kesehatan Yacoba Lobang dan dibantu Komandan Jaga Siang, Paulus Ferreira beserta anggotanya.

Sebelum pengasapan, Komandan Jaga Siang mengimbau Warga Binaan untuk menutup makanan dan berada di luar area pengasapan sehingga terhindar dari kontaminasi bahan yang terkandung dalam fogging.

Selanjutnya, untuk menghindari bersarangnya nyamuk, Petugas Pengelola Kesehatan, Yacoba Lobang, mengarahkan Warga Binaan untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan Lapas dan mewajibkan Warga Binaan agar rutin menguras bak mandi untuk menghindari bersarangnya nyamuk, terutama nyamuk aedes aegypti yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. (adh)
_________
Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksitimorline@gmail.com/cyriakuskiik68@gmail.com

 

Komentar
Facebook Comment
  • Bagikan