Engel Talok Resmi Jadi Anggota DPRD Belu

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMORTODAY.id-Engel Talok pemilik nama lengkap Yonas Engelbert Talok, SPd secara resmi dilantik menjadi anggota DPRD Belu Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk masa bakti 2019-2024.

Acara pelantikan anggota DPRD PAW di tubuh Fraksi PKB DPRD Belu itu digelar dalam rapat paripurna pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Belu Pengganti Antar Waktu yang dipimpin oleh Ketua DPRD Belu Jeremias Manek Seran Jr, berlangsung di ruang sidang DPRD Belu, Senin (24/01/2022) sore.

Engel Talok merupakan caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Daerah Pemilihan Belu 3 (Kecamatan Tasifeto Timur, Lasiolat, Raihat, Lamaknen dan Lamaknen Selatan) perolehan suara terbanyak kedua itu menggantikan koleganya Yosef Alexander Haleserens yang telah meninggal dunia pada September 2021 lalu.

Pelantikan PAW anggota DPRD Belu tersebut berdasarkan surat keputusan Gubernur NTT No: Pem.171.2/I/05/I/2022 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten Belu Periode 2019-2024 atas nama Yosep Alexander Haleserens dan Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Belu masa bakti 20019-2024 atas nama Yonas Engelbert Talok, SPd.

Ketua DPRD Belu Jeremias Manek Seran Jr dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk mendoakan keselamatan jiwa almarhum Yosep Alexander Haleserens semoga amal baktinya menjadi teladan bagi kita dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan dan penghiburan.

“Peristiwa hari ini adalah bagian dari proses demokrasi yang harus dilalui sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” cetus Manek Folo, sapaan akrab bagi Ketua DPRD Belu.

Manek Folo juga menegaskan, momentum pelantikan itu juga mempunyai makna tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Belu bahwa dalam kurun waktu dua setengah tahun ke depan pelaksanaan fungsi-fungsi DPRD sebagai mitra dan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah diharapkan akan lebih baik.

Semua perumusan kebijakan dan peraturan daerah dalam fungsi legislasi, keberpihakan anggaran untuk rakyat dalam fungsi budgeting dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan dalam fungsi kontrol oleh DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah dalam bingkai kemitraan bersama bupati dan jajaran pemerintah Kabupaten Belu.

Atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Belu, Manek Folo mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung bagi Yonas Engelbert Talok yang baru dilantik sebagai wakil rakyat Kabupaten Belu. Dengan kehadiran saudara di lembaga tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal dan dapat meningkatkan kinerja di lembaga rakyat ini. Dengan pelaksanaan pengucapan sumpa/janji itu maka anggota DPRD telah kembali genap berjumlah 30 orang.

“Mulai hari ini saudara telah menjadi anggota DPRD Kabupaten Belu, semoga saudara dapat menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tandas Manek Folo.

Bupati Belu dr. Agus Taolin dalam sambutannya menegaskan, sesuai UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, selain kepala daerah, DPRD merupakan unsur pemerintahan daerah sehingga DPRD memiliki tanggungjawab yang sama dengan kepala daerah untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Antara DPRD dan kepala daerah merupakan atau kerjasamanya merupakan suatu prasyarat mutlak untuk menjamin optimalnya penyelenggaraan tuga-tugas pemerintahan dalam membuat kebijakan daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tandas bupati dr. Agus Taolin.

Bupati dr. Agus Taolin menambahkan, dalam optimalisasi penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan daerah secara konstitusional, DPRD memiliki tiga fungsi yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

“Saudara Yonas Engelbert Talok, SPd yang telah melaksanakan sumpah/janji sebagai PAW anggota DPRD Belu masa bakti 2019-2024 merupakan orang terpilih atau yang dipilih oleh masyarakat dapil 3 yang diyakini mampu menjembatani aspirasi dan kepentingan masyarakat yang diwakili.

“Atasnama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Belu, saya mengucapkan selamat bertugas. Semoga Tuhan memberkati tugas dan pengabdiannya,” tutup Bupati dr. Agus Taolin.

Engel Talok usai mengikuti acara pelantikan mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan juga ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut membantu dalam kegiatan itu

“Atas nama pribadi dan keluarga, kami mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut memberi perhatian dan dukungan demi memperlancar seluruh proses PAW ini,” Ungkap Engel.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Pimpinan DPRD Bupati dr. Agus Taolin, Wakil Bupati, Aloysius Haleserenns, Anggota DPRD, Forkompimda Belu, Dekan Universitas Pertahanan Ben Mboi, para pimpinan OPD, Komisioner KPUD, Ketua Bawaslu Belu, Pimpinan Partai Politik, organisasi wanita, tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers dan undangan lainnya. (adh)

___________
Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksitimorline@gmail.com/cyriakuskiik68@gmail.com

Komentar
Facebook Comment
  • Bagikan