Mariano Parada Resmi Jadi Ketua Pena Batas RI-RDTL

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMORTODAY.id-Mariano Parada (wartawan OkeNTT) secara resmi dikukuhkan menjadi Ketua Persatuan Wartawan Belu Perbatasan Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste (Pena Batas RI-RDTL) Periode 2022-2024.

Kegiatan pengukuhan Mariano Parada sebagai Ketua bersama pengurus Pena Batas RI-RDTL Periode 2022-2024 ditandai dengan penyerahan bendera Pena Batas dari mantan Ketua Stefanus Dile Payong (Wartawan MNC group) kepada ketua terpilih Mariano Parada yang berlangsung di Ballroom Hotel Matahari Atambua, Sabtu (19/03/2022).

Hadir dalam kegiatan pengukuhan pengurus tersebut, Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH, FINASIM, Sekda Belu Johanes Andes Prihatin, Pimpinan Forkopimda Plus, Kepala Imigrasi Atambua, Kepala RRI Atambua, Ketua KPU Belu, Ketua Bawaslu Belu, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu, Pimpinan BUMN dan Swasta, tokoh Agama, PMKRI, GMNI dan undangan lainnya.

Mariano Parada sendiri terpilih menggantikan Ketua Pena Batas sebelumnya, Stefanus Dile Payong (wartawan MNC group) melalui pemilihan dalam rapat musyawarah anggota Pena Batas RI–RDTL di Nekafehan, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Jumat 18 Pebruari 2022.

Ketua Pena Batas Mariano Parada dalam sambutannya mengatakan, pihaknya bersama seluruh pengurus akan terus melanjutkan dan meningkatkan beberapa program yang telah berjalan guna peningkatan kualitas dan kompetensi pekerja media dalam wadah Pena Batas di Kabupaten Belu.

Menurutnya, kualitas dan kompetensi wartawan perlu ditingkatkan agar dapat menghasilkan karya jurnalistik yang obyektif dan berimbang dalam penyampaian informasi terhadap program pemerintah di Kabupaten Belu.

“Jadi, untuk menghasilkan karya jurnalistik yang objektif dan berimbang, program Pena Batas yang telah berjalan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi wartawan akan terus kita lanjutkan demi mewujudkan pembangunan di Kabupaten Belu yang lebih sehat, kompetitif dan berkarakter,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH, FINASIM mengatakan, peran para jurnalis sangat diharapkan karena berita-berita yang disajikan selama ini umumnya terukur dan mendapat data dari lapangan.

“Pemerintah berharap jurnalis menjadi mitra yang baik, mitra tidak harus memberitahu kami yang baik-baik saja, yang tidak baik juga diberitahukan,” pungkas Bupati Taolin.

Karena itu, kata Bupati Taolin, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Belu akan selalu mendukung program Pena Batas RI-RDTL dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi para wartawan yang bertugas di wilayah tersebut.

Menurutnya, peningkatan kompetensi wartawan penting sehingga dalam melaksanakan tugas jurnalistik bisa memberikan informasi yang objektif dan berimbang kepada masyarakat.

“Saya mendengar dan banyak diskusi dengan pengurus yang purna bahwa ada pelatihan untuk teman-teman jurnalis, bukan hanya jurnalis, ASN juga perlu diberikan atau peningkatan kompetensinya dalam melaksanakan tugas. Saya melihat ini masih kurang, oleh karena itu kita mengharapkan adanya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi yang lebih baik,” pintanya.

Menurut Bupati, standar kompetensi itu didapat melaui pelatihan dan pembelajaran termasuk pendidikan formil. Kompetensi keilmuan atau intelektualitas juga harus dibingkai dengan standar etik dan moral.

“Jurnalis Belu harus tampil beda, baik bicara dan terutama hasil jurnalistiknya,” ujarnya.

Berikut Susunan Pengurus Pena Batas RI-RDTL Periode 2022-2024 :

Penasehat:
Fredrikus Royanto Bau
Stefanus Dile Payong
Yansen Bau
Ferdy Talok

Ketua: Mariano Parada
Sekretaris: Teni Jenahas
Bendahara: Roni Christian Anyan

Divisi-Divisi
A. Divisi Intelijen dan Pengaduan Masyarakat
1. Yulius Sikone
2. Yan Perera
3. Adrianus Dedy Dasi
4. Silvester Manek

B. Divisi Humas dan Pemberitaan
1. Andreas Witak
2. Egi Araujo
3. Piter Usboko
4. Feby Leo Lede

C. Divisi Hubungan Antar Lembaga
1. Ricky Anyan
2. Tinus Boi Mau
3. Herminus Halek

D. Divisi Pengembangan SDM
1. Marselinus Manek
2. Dhoru Vicente
3. Alino Kardoso

E. Divisi Pendanaan dan Sarana Organisasi/Logistik
1. Stef Kosat
2. Jefri Suni
3. Enso Esperito
4. Werenfridus Timo. (adh)
___________
Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksitimorline@gmail.com/cyriakuskiik68@gmail.com

Komentar
Facebook Comment
  • Bagikan