Masyarakat Belu Antusias Belanja di Pameran One Day One Prison’s Product Lapas Atambua

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMORTODAY.id-Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022 pada 27 April mendatang dimeriahkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Atambua dengan menggelar kegiatan One Day One Prison’s Product.

Kegiatan ini merupakan ajang pengenalan, pemasaran dan penjualan produk hasil pembinaan kemandirian dan hasil pembinaan ketrampilan WBP dari seluruh UPT Pemasyarakatan kepada masyarakat Kota Atambua dan sekitarnya di Halaman Lapas Atambua, Sabtu (09/04/2022).

Produk-produk tersebut merupakan hasil pembinaan kemandirian di bidang pertanian berupa jagung, padi, sayur-mayur dan buah-buahan, serta hasil pembinaan ketrampilan berupa bingkai foto, koba (tempat sirih pinang) dan tempat tisue dengan harga berkisar Rp5.000-100.000,00.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT Marciana D. Jone melalui Kepala Lapas Kelas IIB Atambua Edwar Hadi di sela-sela kegiatan menjelaskan, kegiatan One Day One Prison’s Product ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS1.UM.01.01-323 tentang Panduan Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Menyongsong Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022.

Ajang ini merupakan salah satu cara memperkenalkan produk hasil karya WBP dan meningkatkan partisipasi langsung masyarakat serta memberikan insentif bagi WBP yang diperoleh dari hasil ketrampilan dan pembinaan kemandirian WBP. Selain itu, untuk menambah Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNPB).

Edwar berharap Warga Binaan yang sudah menuangkan pikiran dan ketrampilannya melalui pembuatan produk-produk seperti ini tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Ini merupakan suatu kemajuan bagi saudara-saudara dan ketrampilan yang saudara-saudara miliki dapat digunakan untuk hidup produktif di tengah keluarga dan masyarakat nantinya. Dengan karya seperti ini dapat menghasilkan omset yang besar. Jadi, tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” harap Edwar.

Edwar menjelaskan, hasil penjualan hingga Sabtu 09 April 2022 kurang lebih sebesar Rp32.485.000,00.

Hasil penjualan produk pembinaan kemandirian WBP yang tertinggi pada hari ini adalah jagung sebanyak 6.700 kg dengan harga perkilo Rp4.000,00 atau sebesar Rp26.800.000,00 dan beras sebanyak 450 kg dengan harga perkilo Rp10.000,00 atau sebesar Rp4.500.000,00. (dho)
_________
Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksitimorline@gmail.com/cyriakuskiik68@gmail.com

Komentar
Facebook Comment
  • Bagikan