Otoritas Perbatasan Timor Deportase 705 WNA Timor Leste

Sebarkan:

ATAMBUA, TIMORTODAY.id-Otoritas Perbatasan Timor sudah empat gelombang mendeportase 705 Warga Negara Asing (WNA) asal Timor Leste.

Dalam gelombang terakhir, Jumat (27/08/2021) siang, Otoritas setempat mendeportase 76 warga Timor Leste.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua K.A. Halim kepada TIMORTODAY.id, Jumat (27/08/2021) sore, menjelaskan, deportase atau pemulangan WNA asal Timor Leste yang dilakukan hari ini merupakan gelombang keempat.

Dalam tiga gelombang sebelumnya, Otoritas Perbatasan Timor memulangkan 629 orang.

“Kegiatan pemulangan WNA asal Timor Leste hari ini merupakan yang keempat kalinya”, kata Halim.

Mengutip hasil pendataan yang dilakukan Tim Kantor Imigrasi Atambua, kata Halim, diketahui jumlah seluruh WNA Timor Leste gelombang empat ini  sebanyak 76 orang, 70 orang di antaranya laki-laki, sedangkan perempuan enam orang.

“Jadi, total seluruh WNA Timor Leste yang dipulangkan dalam empat gelombang itu sebanyak 705 orang. Khusus hari ini ada 76 orang”, terang Halim.

Para WNA itu diangkut menggunakan tiga kendaraan truk TNI dari Lapangan Kodim 1605/Belu ke Perbatasan Motaain. Setiba di sana, mereka dikumpulkan di tempat terbuka, tepatnya di Gedung Pasar Motaain. Di tempat ini, pihak Imigrasi Atambua menyerahkan para WNA itu kepada Imigrasi Timor Leste.

Pemulangan mereka diawasi ketat TNI dan UPF masing-masing sebagai keamanan.

Otoritas Perbatasan Timor yang hadir menyaksikan kegiatan pemulangan ini adalah pemerintah Indonesia diwakili Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, Kepala Sub Bidang Intelijen dan Kepala Sub Bidang Informasi Divisi Keimigrasian Kanwil NTT, Dandim 1605/Belu, Perwakilan Bea Cukai, Komandan Pos Sub Sektor Motaain dan Kepala BNPP Motaain.

Selain itu, pemerintah Timor Leste diwakili Kepala Agen Konsulat Timor Leste yang berada di Atambua, pihak Imigrasi Timor Leste, dan pihak UPF Timor Leste. (cq)

Sebarkan:

Pos terkait