Panwas Distrik se-Kabupaten Fakfak Siap Dukung Bawaslu di MK

  • Bagikan

Fakfak, TimorToday.id-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Distrik se-Kabupaten Fakfak Propinsi Papua Barat siap mendukung Bawaslu setempat menyelesaikan proses sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu disepakati dalam pertemuan perwakilan Panwas Distrik se-Kabupaten Fakfak di kediaman Sekretaris Bawaslu Fakfak, Senin (18/01/2021). Dalam pertemuan itu dibahas berbagai kesiapan dan kerja-kerja Panwas Distrik mendukung Bawaslu Kabupaten Fakfak menghadapi proses sengketa Pilkada Kabupaten Fakfak di MK.

Mengawali pertemuan, Ketua Panwas Distrik Fakfak Timur Marthen Singgir menegaskan, sudah menjadi kewajiban mereka untuk mendukung Bawaslu Fakfak mengawal semua proses Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) di MK.

“Kami masih punya tanggungjawab yang sama untuk tetap mengawal proses pemilihan di Kabupaten Fakfak, selama kita masih menjadi Panwas di Distrik”, kata Marthen.

Hal senada disampaikan Stevanus Rohrohmana, Ketua Panwas Distrik Kayuni. “Kita tetap berkomitmen menjalankan tugas dan kerja-kerja sebagai Panwas Distrik sesuai Pakta Integritas dan SK kami. Kami selalu berkoordinasi dengan pimpinan kami sehingga bila ada hal-hal yang belum terselesaikan, kami percaya pasti akan terelesaikan dengan baik”, kata Stevanus.

Baginya, kewajiban Panwas Distrik adalah menjalankan tugas dengan tetap mengawal proses dari tingkat bawah sampai di MK. “Kita tetap mendukung pimpinan”, tandas Stevanus.

Ketua Panwas Distrik Fakfak Barat Karlos Kabes mengatakan, tugas pengawasan yang mereka emban selama ini merupakan kerja bersama. “Jika ada pihak-pihak yang bersengketa dalam Pilkada Kabupaten Fakfak, kami menjadi garda terdepan. Sebab, tugas pengawasan kami mulai dari tingkat TPS sampai di tingkat distrik”, katanya.

Dia menambahkan, apabila tugas pengawasan itu dibutuhkan dalam proses di MK sebagai saksi atau sebagai pemberi informasi, pihaknya siap mendukung kapan saja dan di mana saja, jika dibutuhkan.

Pertemuan ini disambut baik Sekretaris Bawaslu Fakfak Siti H. Iha. ”Kami dari Bawaslu Kabupaten Fakfak sangat membutuhkan kerjasama kita dalam mengawasi Pemilukada di Kabupaten Fakfak. Kami mengharapkan semua tetap solid dan kompak mengawal semua proses sampai selesai. Terimakasih untuk semuanya”, demikian Siti. (CQ)

  • Bagikan