Paulus Waterpauw, Putra Papua Pertama Jabat Kabaintelkam Polri

  • Bagikan

JAKARTA, TIMORTODAY.id-Prestasi gemilang yang diukir Irjen Pol Paulus Waterpauw selama menjabat sebagai orang nomor satu di jajaran Polda Papua yang juga kampung halamannya, mengantar perwira tinggi bintang dua ini ke posisi yang makin cemerlang.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menunjuknya sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri menggantikan Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor KEP/376/II/2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri.

Paulus sebelumnya menjabat Kapolda Papua. Sementara itu, Rycko kini resmi menduduki posisi barunya sebagai Kalemdiklat Mabes Polri.

Posisi Kapolda Papua yang ditinggalkan Paulus digantikan Brigjen Pol Mathius D Fakhiri. Fakhiri sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kapolda Papua mendampingi Paulus.

Paulus Waterpauw merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1987. Pria kelahiran Fakfak Papua Barat tersebut sudah malang melintang bertugas di wilayah Papua semasa berdinas di kepolisian.

Setelah lulus Sespim, Paulus kembali ke tanah kelahirannya untuk menjabat sebagai Kapolres Mimika. Dua tahun menjabat Kapolres Mimika, Paulus kemudian dipercaya menjabat Kapolresta Jayapura pada 2005

Tak hanya itu, Paulus juga sempat menjabat sebagai Wakapolda Papua pada 2011. Setelah itu, ia naik jabatan sebagai Kapolda Papua Barat pada 2014. Setahun berselang, ia dimutasi kembali menjadi Kapolda Papua.

Pada 2017 lalu, Paulus sempat ditugaskan menjabat Wakil Kabaintelkam Polri pada 2017 dan Kapolda Sumatera Utara pada tahun yang sama.

Karier dinas kepolisian pun kembali membawanya ke kampung halamannya. Sebab, Paulus kembali menjabat sebagai Kapolda Papua untuk kedua kalinya pada 2019.

Kini, terhitung 18 Pebruari 2021, Paulus dipercayakan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Kabaintelkam Polri. (*/cnn/cq)

  • Bagikan