Pemkab Belu Diminta Perhatikan Atlet Berprestasi

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMORTODAY.id-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Belu meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu senantiasa memperhatikan para atlet yang berprestasi dalam mengikuti setiap even olahraga dalam bentuk penghargaan.

Permintaan itu diutarakan Ketua KONI Belu Yohanes Jefri Nahak saat dikonfirmasi wartawan Senin (21/03/2022) terkait keberangkatan kontingen atlet Belu dalam mengikuti ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) V Tingkat Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) 2022 terhitung 23-27 Maret 2022 di Kupang.

Menurutnya, para atlet yang berprestasi dalam setiap even olahraga jika tidak diberi perhatian akan berpeluang bagi atlet berprestasi pindah ke daerah lain.

“Kami sering berkoordinasi dengan Pemkab Belu untuk dapat memperhatikan atlet-atlet yang berprestasi pada even POPDA ini karena yang kami ikuti bahwa dalam ajang ini banyak atlet-atlet yang justru sudah sering bertanding dan juga sering mendapat medali,” tandas Epy Nahak, sapaan akrab bagi Ketua KONI Kabupaten Belu ini.

Menurut Epy Nahak, even POPDA se-NTT ini merupakan kewajiban Pemerintah Daerah sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

UU ini menempatkan POPDA sebagai wadah untuk menjaring atlit pelajar berprestasi mulai dari Usia Dini (SD), Usia Yunior/Taruna (SMP dan SMA), Usia Senior/Dewasa (Mahasiswa/dewasa) pada cabang-cabang unggulan Daerah NTT di antaranya Kempo, Tinju, Taekwondo, Pencak Silat, Atletik, Wushu dan Karate.

“Jadi, kegiatan POPDA ini ranahnya Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belu. Dalam hal ini KONI juga terlibat. Saya sering bilang bahwa KONI hadir untuk mem-back-up kegiatan seperti ini,” tandas Epy Nahak.

Epy Nahak yang juga Wakil Ketua DPRD Belu ini menjelaskan, kontingen POPDA Kabupaten Belu bisa menjadi kontingen dengan peserta terbanyak yakni 137 atlet yang terbagi dalam 6 cabang olahraga (cabor), yaitu tinju, silat, taekwondo, karate, kempo dan atletik.

“137 atlet yang berangkat ke POPDA V NTT sudah siap bertanding. Kita bersyukur bahwa di tengah pandemi COVID-19 ini atlet-atlet kita bisa mempersiapkan diri untuk bertanding di ajang POPDA 2022 ini,” pintanya.

Karena itu, pihaknya menargetkan dan mengharapkan para atlet dapat meraih juara umum. Kalau tidak pun dapat mempertahankan prestasi juara 2 umum yang pernah diraih pada POPDA IV NTT 2019.

Kontingen atlet POPDA V Tingkat Propinsi NTT dari Kabupaten Belu 2022 dilepas secara resmi oleh Bupati Belu dr. Agustinus Taolin di Kantor Bupati Belu, Senin (21/03/2022).

“Saya mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belu mendoakan semuanya agar bisa bertanding dengan semangat dan pantang menyerah,” pesan Bupati Taolin saat pelepasan atlet POPDA.

Sebagai mantan atlet bela diri, Bupati Agus Taolin juga berpesan agar para atlet pelajar ini dapat menjunjung tinggi sportifitas serta menghargai dan tidak boleh meremehkan lawan.

“Sebagai atlet, kita harus bisa menjunjung tinggi sportifitas. Jangan pernah menganggap remeh lawan dan selalu bersikap rendah hati terhadap siapa pun lawan yang dihadapi,” urainya.

Terpisah pelatih cabor atletik kepada wartawan mengungkapkan rasa kesal dan kecewa atas terbatasnya anggaran pemerintah yang dialokasikan untuk setiap cabor. Dirinya berharap Pemkab Belu dapat menfasilitasi para atlet disesuaikan dengan kebutuhan setiap cabor.

Meski demikian, dia bersama para atlet binaannya tetap berjuang mengharumkan nama Kabupaten Belu di ajang POPDA NTT 2022.

“Dari cabor atletik ada 35 orang termasuk pelatih. Kami dikasih dana hanya 30 juta untuk biaya hidup, penginapan dan kebutuhan atletik selama satu minggu di Kupang. Memang ini sangat kurang tapi mau bagaimana,” ujarnya dengan nada kesal. (dho)
__________
Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksitimorline@gmail.com/cyriakuskiik68@gmail.com

 

Komentar
Facebook Comment
  • Bagikan