Sekda Malaka Donatus Bere Siap Calon Bupati 2024

  • Bagikan

BETUN, TIMORTODAY.id-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malaka Donatus Bere, SH siap maju Calon Bupati Malaka Periode 2024-2029.

Pernyataan itu disampaikan Donatus di sela-sela Open House Hari Raya Natal 25 Desember 2021 di kediamannya Dusun Atokama Desa Angkaes Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka, Sabtu (25/12/2021).

Di hadapan tamu undangan yang hadir, Donatus menjelaskan, pernyataan politik yang disampaikannya itu untuk menjawab berbagai pertanyaan keluarga kepadanya selama ini.

“Pertanyaan-pertanyaan itu muncul sehubungan dengan masa pensiun saya yang jatuh tepat pada 31 Desember 2021 ini. Jadi, lagi beberapa hari saja saya pensiun. Pas tutup tahun”, tandas Donatus.

Menurut Donatus, bagi kebanyakan orang mungkin pernyataan politiknya ini terlalu dini disampaikan ke publik. Tetapi, ini semata-mata untuk menjawab permintaan keluarga baik dari keluarganya sendiri maupun dari keluarga istrinya. Sebab, selama ini mereka pada bertanya, setelah pensiun mau ke mana.

“Kondisi saat ini tidak bisa dipertahankan tetapi harus diperbaiki. Saya siap perbaiki keadaan ini dengan maju menjadi Calon Bupati Malaka dalam Pilkada 2024. Kita akan bersama-sama membangun Rai Malaka”, katanya.

Donatus mengungkapkan, dalam urusan Pilkada, hanya ada tiga hal, yakni paket calon, partai pengusung dan Surat Keputusan (SK) Koalisi Partai Pendukung.

“Partai kita cari. Kalau tidak dapat partai, kita maju independen. Toh keluarga saya juga banyak”, tandas Donatus.

Kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hadir dan mendengar langsung pernyataan politiknya, Donatus meminta mereka untuk tidak mendiskusikannya di mana-mana. Sebab, pernyataan politik itu disampaikan tidak untuk memengaruhi ASN tetapi semata-mata untuk menjawab pertanyaan keluarga setelah pensiun mau buat apa.

Sebaiknya, ASN diminta fokus kerja membantu dan mendukung Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH dan Wakil Bupati Kim Taolin, SSos sampai dengan akhir masa jabatan 2024 mendatang.

Merespon pernyataan politik tersebut, warga yang menghadiri Open House Hari Natal 2021 berulang-ulang melakukan tepukan tangan meriah. Wajah sebagian warga terlihat gembira.

Donatus sendiri lulusan Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana Kupang. Dia menjadi ASN selama 30 tahun sembilan bulan. Sedangkan jabatan Sekda Malaka diembannya selama tujuh tahun tujuh bulan 11 hari.

Selama 30 tahun sembilan bulan menjadi ASN, Donatus menduduki sejumlah jabatan strategis. Antara lain, sebelum Kabupaten Belu mekar menjadi Kabupaten Malaka, pernah menjadi Kabag Humas pada Setkab Belu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belu dan Asisten III Sekda Belu.

Setelah Kabupaten Malaka menjadi daerah otonom, Donatus diserahi jabatan Sekda dengan Herman Nai Ulu sebagai Penjabat Bupati Malaka. Yang mencengangkan, bersamaan dengan jabatan Sekda, kepadanya diserahi jabatan Penjabat Bupati Malaka pascakepemimpinan Penjabat Bupati Herman Nai Ulu.

Sebagai Penjabat Bupati Malaka, salah satu tugas Donatus adalah bertugas dan bertanggungjawab atas penyelenggaraan Pilkada Serentak 2015. Tugas dan tanggungjawab ini dijalankan dengan baik. Sukses besar yang diraihnya adalah terpilihnya pasangan calon dr. Stefanus Bria Seran, MPh-Drs. Daniel Asa menjadi Bupati-Wakil Bupati Malaka Periode 2016-2020. Pasangan ini mengalahkan dua pasangan lainnya, yakni Taolin Ludovikus-Benny Chandradinata dan Agustinus Klaran-Paolus Seran Bouk.

Di masa kepemimpinan Stefanus-Daniel, Donatus tetap aman menjadi Sekda Malaka. Saat kepemimpinan pemerintahan Stefanus-Daniel berakhir dan beralih ke pemerintahan Simon Nahak-Kim Taolin, Donatus tetap menjabat Sekda, hingga saat ini.

Lima hari lagi, tepatnya 31 Desember 2021, jabatan Donatus berakhir baik sebagai ASN maupun sebagai Sekda Malaka. (cq)

__________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksitimorline@gmail.com/cyriakuskiik68@gmail.com

Komentar
Facebook Comment
  • Bagikan