Uskup Baucau Mgr. Basilio do Nascimento Wafat

  • Bagikan

BAUCAU, TIMORTODAY.id-Uskup Baucau  Mgr. Basílio do Nascimento, Pr wafat pada Sabtu 30 Oktober 2021 di Rumah Sakit Nacional Guido Valadares (HNGV) Dili.

Uskup kedua pada masa integrasi Timor Timur (saat ini Timor Leste, red) dengan Indonesia ini diketahui mengalami serangan jantung.

“Baru sejam yang lalu Uskup Baucau Mgr. Basilio do Nascimento di RS Nacional Dili. Beliau menderita jantung akut,” tulis Pater Gabriel Suban, Provinsial SVD Timor Leste di grup Whatsapp, Ledalero 1984, pukul 13.11 WIB sebagaimana dikutip katolikku.com.

Mgr. Basílio do Nascimento sendiri lahir di Suai pada 14 Juni 1950. Sehingga, pada 2021 ini, Mgr. Basilio menginjak usia 71 tahun. Dia adalah uskup pertama pada Keuskupan Baucau yang didirikan Paus Yohanes Paulus II pada 19 Maret 1997.

Setelah pengunduran diri Mgr. Carlos Filipe Ximenes Belo  sebagai uskup Keuskupan Dili pada 26 Nopember 2002, ia menjabat pula sebagai uskup Keuskupan Dili sementara. Kemudian, digantikan Mgr. Alberto Ricardo da Silva sebagai uskup baru pada Keuskupan Dili.

Ia adalah salah satu tokoh bersuara kritis pada periode sebelum referendum 1999 dengan komentarnya tentang situasi di Timor Leste  yang secara teratur dicari para jurnalis, terutama Portugis.

Suai sebagai daerah asalnya adalah salah satu dari 13 distrik yang saat ini dimiliki negara tersebut. Distrik ini berada di selatan negara Timor Leste. Untuk mencapainya, bisa menggunakan darat, laut dan udara. Tetapi, untuk itu harus melewati dua kabupaten, teritori Indonesia di wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni Kabupaten Belu dan Malaka. (cq)

Sumber: katolikku.com

  • Bagikan